Tips and trik memperbaiki, mengganti, merawat motor dan mobil

Cara Sederhana Merawat Motor Matic


Anda mungkin suka khawatir tentang kondisi motor matic anda dirumah dan binggung untuk merawatnya, sebenarnya untuk merawat motor matic tidaklah sulit. Untuk menjaga performa dan umur motor matic anda harus merawatnya secara rutin. Motor matic memang butuh perawatan khusus dari yang punya nya, terlebih sekarang motor matic sudah banyak menggunakan teknologi injeksi.

Dibawah ini adalah Cara Merawat Motor Matic  yang bisa anda lakukan untuk motor anda dirumah dan motor  bisa tetap awet dan terjaga performanya, berikut ini 8 Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet  :

1.     Panasi mesin
Jika anda biasanya dipagi hari saat berangkat kerja atau sekolah langsung menarik gas motor tanpa dipanasi, mulai saat ini baiknya anda lakukan pemanasan mesin motor selama 5-10 menit.

2.     Melaju dengan stabil
Ikutilah irama mesin jangan sering mengubah kecepatan laju. jangan anda biasakan dalam kecepatan kencang langsung me-rem mendadak dan menarik gas lagi hingga kencang dan me-rem lagi, hal ini akan membuat mesin cepat rusak’

3.     Jangan biarkan tanki kosong
Jangan membiarkan kondisi tangki bensin sampai menunjukan jarum ke posisi E atau empty apalagi sampai bensin habis dan motor mati, usahakan isikan bensin dan cek tangki bensin jangan sampai tangki bensin kosong

4.     Mengganti oli berkala
Rutinlah mengganti oli mesin setiap 1000 KM dan mengganti oli transmisi motor maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 KM

5.     Periksa kondisi Aki dan Busi
Perangkat ini harus tetap dijaga agar performa motor tetap stabil dan tidak mogok pada saat berkendara, Busi sangat berguna untuk motor matic tetap melaju kencang, jika aki atau busi tidak berfungsi maka segera ganti dengan baru.

6.     Periksa Roler dan Ventbelt
Selalu perhatikan Roler dan ventbelt motor matic anda, jika sudah dalam keadaan tidak layak pakai, maka usahakan menggantinya dengan yang baru.

7.     Periksa dan selalu perhatikan ruang transmisi
Di dalam ruang transmisi usahkan anda cek dan perhatikan, biasanya di dalam ruang transmisi sering masuk kotoran dan debu, usahakan anda bersihkan setelah motor mencapai 4000 Km.

8.     Ganti Oli Shockbreaker
Usahkaan ganti oli shockbreaker anda setiap motor mencapai 10000 KM.

Diatas adalah Cara Sedehana Merawat Motor Matic  yang bisa anda lakukan dirumah dan menjaga kuda besi anda agar prforma dan mesinnya awet terjaga seperti baru.
Tag : Motor, Tips
0 Komentar untuk "Cara Sederhana Merawat Motor Matic"

Back To Top