Tips and trik memperbaiki, mengganti, merawat motor dan mobil

Cara Mengecek dan Mengganti Kabel Speedometer Motor Honda Absolute Revo

Cara Mengecek dan Mengganti Kabel Speedometer Motor Honda Absolute Revo - Speedometer berfungsi untuk memberi informasi kecepatan kendaraan ke pengemudi, komponen ini memang bukan komponen yang terlalu penting meski terjadi kerusakan akan tetapi komponen ini juga penting agar kita tidak khilaf dalam berkendara hehehehehe agar tidak melewati batas kecepatan berkendara.

Speedometer terkadang mengalami gangguan mulai dari jarum speedometer yang tiba-tiba naik turun drastis atau tidak jalan sama sekali, untuk itu kita perlu melakukan pengecekan/perbaikan komponen speedometer. Komponen yang paling sering rusak adalah pada kabel speedometer, kabel ini seringkali tersangkut kotoran ataupun putus. Lalu bagaimana cara kita mengecek dan mengganti kabel speedometer ? cek langkah - langkah berikut ini :

Peralatan

1. Kunci Pas 14 mm.
2. Kunci Sok T 8mm ( agak panjang ).
3. Obeng (+) plus sedang.
4. Obeng (-) minus kecil.

Peralatan Mengecek dan Mengganti Kabel Speedometer Motor Honda Absolute Revo

Langkah - langkah

1. Cek apakah kabel speedometer putus dengan cara  tekan pada lubang pada kabel Speedometer dengan menggunakan obeng minus lalu tarik kabel ke atas sampai lepas

Buka kabel speedometer  

2. Cek bagian dalam kabel speedometer, tarik kabel bagian dalam tersebut jika terlepas maka kabel telah terputus. Segera ganti dengan membeli kabel speedometer baru di bengkel terdekat ( original lebih bagus )

Cek kabel speedometer 

3. Untuk mengganti kabel speedometer, sekarang pertama anda buka cover atas / totok motor anda dengan melepas 4 baut (+)



Buka cover atas motor 

4. Lepas cover bagian depan : 1 baut segi 6 ( pakai kunci sok 8 mm ) , 4 baut (+) panjang dan 2 baut (+) pendek . Lepas juga kedua spion dengan menggunakan Kunci Pas 14 mm.


Lepas cover bagian depan motor 

5. Buka Cover depan dengan hati-hati sampai lepas, lalu buka ujung kabel speedometer yang menempel pada Speedometer dengan tangan sehingga lepas. 

Buka cover depan motor 

6. Setelah itu pasang kabel Speedometer dari bagian bawah dulu ( dekat roda ) lalu masukkan ke atas. Sebelum kabel Speedometer baru dipasang ke Speedometer ada baiknya masukkan sedikit oli / gemuk ke dalam kabel speedometer supaya kabel speedometer baru lebih awet dalam pemakaiannya.

7. Untuk mengencangkan mur pada Speedometer atas jangan menggunakan Tang tetapi cukup dengan tangan saja sehingga tidak menyulitkan waktu akan dibuka lagi.

8. Cek apakah kabel speedometer sudah berfungsi, dalam posisi motor di standard tengah, putar roda depan ke arah depan ( seperti waktu jalan ) dengan tangan sambil dilihat apakah jarum speedometer bisa bergerak.
0 Komentar untuk "Cara Mengecek dan Mengganti Kabel Speedometer Motor Honda Absolute Revo"

Back To Top