Tips and trik memperbaiki, mengganti, merawat motor dan mobil

Cara Ampuh Hemat Bahan Bakar Mobil Dengan 6 Langkah Mudah

Di tengah krisis ekonomi pasca kenaikan harga BBM yang bertambah Rp 2.000 untuk premium dan juga solar, sudah semestinya bagi para pemakai kendaraan untuk mulai mencoba mengurangi konsumsi bahan bakar kendaraan. Berikut ini beberapa tips dari Divisi Humas Mabes Polri berikut, dapat diaplikasikan secara efektif.

Divisi Humas Mabes Polri merilis beberapa langkah yang bisa dilakukan agar kendaraan yang kita bawa tidak terlalu boros dan tentu saja lebih hemat bahan bakar. Teknologi canggih, tentunya tidak akan maksimal tanpa dibarengi dengan pengemudi yang handal dalam memainkan pedal gas dan rajin dalam menyetting kendaraannya.

Injak Pedal Gas Perlahan

Pedal Gas
Pedal Gas

Semakin besar katup gas terbuka, semakin banyak pula gelontoran bahan bakar yang memasuki karborator. Dengan prinsip demikian, jika pedal gas diinjak dengan keras, maka mobil sebenarnya mengkonsumsi BBM lebih tinggi dibanding menginjaknya dengan perlahan.


Sontekan pertama disaat mobil diam dan mulai melaju adalah salah satu momen yang sangat vital untuk mengendalikan semburan bahan bakar. Cobalah untuk melaju dengan perlahan dan tidak terlalu menginjak gas dalam-dalam ketika mobil akan berjalan maupun tengah melaju sekalipun.

Matikan Mesin Saat Macet

Matikan Mesin
Matikan Mesin

Tips ini hanya berlaku ketika posisi Anda terkunci dalam kemacetan dan harus menuggu lama untuk melanjutkan perjalanan. Di saat seperti ini, ada baiknya mesin mobil untuk dimatikan dan jika kebetulan Anda sedang terjebak di daerah yang berhawa dingin, membuka jendela dan menikmati pemandangan alam tanpa pendingin kabin akan semakin seru.

Akan tetapi, kasus seperti ini akan sulit dilakukan jika Anda terjebak di kawasan padat penduduk dan selalu terpapar panasnya udara seperti Jakarta atau Surabaya. Tanpa AC penumpang mobil jelas tidak akan tahan bertahan di dalam kabin. Jika memang terpaksa dalam keadaan demikian, satu-satunya jalan memang hanya dengan tetap menyalakan mesin dan AC atau mencari jalan alternatif untuk menghindari kemacetan.

Jaga Intensitas Injakan rem


Injakan Rem
Injakan Rem


Stop and Go berulang-ulang juga termasuk salah satu penyebab borosnya bahan bakar mobil. Dari mobil melakukan stop dan beranjak Go, tekanan gas tentu akan ditambah agar mobil melaju sedikit kencang di putaran awal. Maka dari itu, usahakan untuk tidak terlalu sering mengerem untuk sedikit menekan mobil untuk berhenti.


Kondisi macet memang kurang sesuai untuk kasus ini. Akan tetapi, dengan menekan perlahan pedal gas ketika dalam kondisi Go seperti pada halaman sebelumnya, setidaknya sudah cukup membantu untuk mengurangi gelontoran bahan bakar.

Kontrol Kecepatan

Kontrol Kecepatan
Kontrol Kecepatan

"Semakin tinggi kecepatan mobil, maka akan semakin irit konsumsi BBM". Statemen tersebut menurut Divisi Humas Mabes Polri jelas merupakan pemahaman yang salah. Karena fakta sesungguhnya menunjukkan bahwa BBM akan semakin boros hingga 50 persen karena faktor aerodinamika.

Kecepatan yang cukup efektif untuk penghematan BBM adalah dengan melaju di bawah kecepatan 100 km/h. Cara ini dipercaya sanggup menekan konsumsi BBM mencapai 25 persen.

Cek tekanan angin ban


Tekanan Angin
Tekanan Angin
Otosia pernah membahas tentang pentingnya mengecek kondisi kaki-kaki mobil, utamanya dari sektor ban. Tidak bisa dipungkiri ketika ban mobil tidak sesuai ukuran dengan bobot mobil, gesekan antara permukaan ban dan jalan akan semakin besar sehingga membebani kinerja mesin.

Jika tekanan ban dalam kondisi prima, setidaknya Anda bisa melakukan penghematan hingga 3 persen. Selain itu, tidak hanya mempengaruhi faktor konsumsi bahan bakar, cara ini juga cukup bagus untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan.

Servis Mesin

Servis mesin
Servis mesin

Di dalam mesin yang sehat, terdapat penghematan bahan bakar yang tepat. Menjaga mesin tetap responsif dan efektif tetap menjadi kunci utama dalam persoalan pengiritan bahan bakar. Usahakan untuk melakukan servis berkala sehingga tidak akan ada kesempatan untuk mesin terjadi error sehingga sangat mempengaruhi performa mesin.
Tag : Mobil, Tips
0 Komentar untuk "Cara Ampuh Hemat Bahan Bakar Mobil Dengan 6 Langkah Mudah"

Back To Top