Tips and trik memperbaiki, mengganti, merawat motor dan mobil

Cara Mengganti Oli Shockbreaker Motor

Buat para pengguna motor yang motornya sudah lebih dari 1 tahun atau sudah menempuh jarak sekitar 15.000-20.000 km, jangan lupa ganti oli sokbreker depan . Sebab pelumas ini yang mendukung kinerja shockberaker bisa jadi empuk, sehingga lebih nyaman ketika di kendarai.

Untuk mengganti Oli Shock Breaker Motor sebenarnya cukup mudah, untuk lebih jelasnya lihat langkah - langkah di bawah agar anda lebih mengerti :

1. Lepas Baut Roda 

Lepas baut roda depan dengan kunci 17 mm. Kemudian, lepas baut sepatbor bagian dalam pakai kunci ring 10 mm, dilanjutkan pada bagian shock. lalu, kendurkan baut 14 mm yang melekat di segitiga bawah


Kini, shock depan standar telah terlepas. Untuk memindahkan as shock ini, kita pakai peralatan khusus untuk melepas suling shock.

2. Lepaskan penutup shock

Lepaskan penutup shock di as dengan tekan penutup itu ke dalam, kemudian lepaskan klip pengganjal penutup shock tadi dengan congkel pakai obeng pipih (-). Setelah lepas, keluarkan per di dalam tabung dan buang oli shock.



Nah, Selesai proses ini, lanjutkan memakai alat khusus untuk melepas suling shock. Siapkan kunci L ukuran 8 Bila sudah, pakai alat tadi untuk membuka as shock dengan kunci L ukuran 8 tadi. Tahan baut yang ada di dalam shock agar tidak ikut berputar,

3. Buka baut yang ada di bawah tabung shock


Buka baut yang ada di bawah tabung shock dengan kunci L8. Cara pasangnya sama ketika membuka. Ingat! Sebelum pasang, bersihkan oli yang tersisa di suling dan as shock dengan cairan, semisalnya bensin. karena bensin bisa cepat kering alias tidak berminyak

Saat memasang, tidak perlu dengan seal baru karena pada tabung Pico sudah ada. Usai pasang suling dan as, tuang oli shock ke dalam tabung 50-60 ml (untuk matic atau bebek)

4. Pasang kembali shock

Jika sudah selesai, maka pasang kembali shock berikut sepatbor. Untuk model Pico, dudukan buat cakram perlu dibuat ulang. Jadi, kondisinya tidak tertanam di tabung, jadi musti pake baut dan mur.



Tag : Mengganti, Motor
0 Komentar untuk "Cara Mengganti Oli Shockbreaker Motor"

Back To Top