Tips and trik memperbaiki, mengganti, merawat motor dan mobil

Cara Memperbaiki Knalpot Motor Menembak



Apabila anda sedang menaiki motor kesayangan anda kemudian tiba - tiba terdengar suara seperti petasan dari belakang, yang ternyata itu adalah suara knalpot anda letusan dari knalpot hal ini terjadi disebabkan karna campuran udara dan bahan bakar  yg masuk ke ruang bakar tidak terbakar semua oleh api busi sehingga masih ada gas yang lolos keluar menuju ke knalpot, dan terjadilah after burn, atau pembakaran kedua. nah untuk mengatasi hal tersebut bisa kita lakukan hal hal sebagai berikut.

1. Cek setelan pilot screw

cek setelan pilot screw / angin-angin / setelan karbu usahakan setelan nya sesuai standart motor yaitu  2,5 – 3 putaran penuh /sesuaikan kebutuhan mesin.

2. Cek kondisi busi

cek kondisi busi, usahakan kondisi busi masih layak pakai,bila sudah tak layak segera ganti baru di anjurkan pabrikan busi di ganti tiap 6ribu km. dan jangan lupa atur ulang gap busi jadi 0,7mm tentunya harus pakai fuller gauge ya jngan pake kuku jempol apalagi cuma maen feeling. 

3. Cek filter udara motor

cek filter udara motor, karena filter yang kotor bisa menghambat aliran udara yang menuju ke karburator,sehingga menjadikan campuran udara n bahan bakar menjadi lebih kaya. Usahakan ganti filter udara setiap 15ribu km karena filter udara  mio /mio soul memakai tipe element basah sehingga tidak bisa di bersihkan.

4. Cek selang vacum bahan bakar

cek juga selang vacum bahan bakar yang menuju ke tangki, pastikan selang ini ndak bocor ataupun sobek.

5. Cek AIS 

AIS  (Air Induction System) adalah komponen yang menginjeksikan udara bersih ke lubang buang sehingga hasil pembakaran menjadi lebih ramah lingkungan. biasanya membran AIS ini yg suka error, jadi solusi mudah dan murahnya tutup selang AIS yang menuju ke lubang buang anda bisa tutup pake apa saja, pake plastik boleh, tutup pentil ban juga boleh, yang penting tertutup secara rapat.


3 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Knalpot Motor Menembak"

klau untuk motor satria fu tipsnya gmn gan ???

terima kasih atas info yang anda berikan.. sangat bermanfaat :)

Back To Top