Tips and trik memperbaiki, mengganti, merawat motor dan mobil

Cara Memasang Lampu HID Motor Tanpa Ganti Aki Dan Kiprok

Lampu HID Motor
Lampu HID Motor
Bagi pengendara yang membutuhkan cahaya yang lebih terang untuk meningkatkan pengelihatannya selama berkendara tentu beralih dari lampu halogen biasa ke Lampu HID Xenon. Namun banyak dari pemilik kendaraan yang awam tentang cara memasang lampu HID dan bahkan banyak bengkel yang belum terlalu paham.

Mau pasang lampu hid untuk motor anda? Sebaiknya baca dulu beberapa hal yang perlu sobat ketahui sebelum memulai. Menempatkan lampu High Intensity Discharge ( HID ) tidak boleh sembarang pasang saja, kudu di cermati daya tahan agar sistem kelistrikan yg ada tidak terganggu. meskipun begitu, anda tidak kudu repot menambah kiprok dari motor lain atau ganti aki yang lebih besar. ikuti langkah yang tepat dalam pemasangan dan lampu hid dijamin bekerja dengan baik dan berumur panjang alias bertahun-tahun. 

Menurut para ahli kelistrikan kendaraan bermotor, langkah yang dipaparkannya ini justru lebih aman. kiprok standar dirancang untuk spul asli. Jadi tidak perlu menambah kiprok untuk mendapatkan arus listrik yang lebih besar. masalahnya, pekerjaan dapat jadi percuma. banyak sekali bengkel yang tidak mengerti memasang lampu hid xenon. mereka hanya ingin mencari untung.

berikut ini adalah langkah-langkah yang tepat dalam pemasangan Lampu HID untuk motor:

Kiprok

Perama penutup kiprok pada sisi sepeda motor lalu lepaslah yang berwarna kabel kuning. Hal ini ditujukan untuk  mengalihkan suplai aliran listrik dari spul yang awal mulanya difungsikan sebagai sumber penerangan serta pengisian aki, dan sekarang  fungsinya hanya untuk mengisi. Cukup dilepas saja dan biarkan disana, tidak perlu dipakai.

Setelah itu, sobat harus memindahkan arus listrik yang pada awalnya berasal dari dari spul serta kiprok pindahkan ke aki via kunci kontak. Hasil dari perpindahan ini, sumber daya yang pada mulanya AC saat ini menjadi DC untuk menjaga umur lampu.  

Daya listrik yang diperlukan lampu hid pada umumnya 35 watt serta memerlukan banyak arus listrik. Jalan keluarnya, tukar lampu belakang motor anda dengan lampu LED yang cuma mengkonsumsi daya 1 watt ( lampu biasa 5 watt plus 20 watt untuk lampu rem ). selisih yang didapat dari perubahan-perubahan yang sobat lakukan sebanyak 24 watt kini digunakan untuk menambah daya ke lampu depan motor sobat. 

Setelah melakukan semua langkah diatas, bila seluruh lampu ditotal, daya yang diperlukan sebanyak 1 watt ( untuk lampu LED belakang ) dan lampu HID 35 watt hingga total keseluruhannya jadi 36 watt. Kalau kapabilitas suplai kiprok pada umumnya misalkan 48 watt. Masih sangat-sangat hemat listrik dan dijamin ramah untuk kendaraan anda.

Jadi sobat sudah bisa memasang LAMPU HID motor tanpa harus membeli aki dengan daya  yang semakin besar, tidak perlu mengganti atau menambah kiprok juga. Kini motor sobat akan menghasilkan cahaya yang lebih terang benderang dan juga daya tahan lampu yang jauh lebih lama. Semoga tips diatas tentang pemasangan lampu HID tanpa mengganti aki dan kiprok bermanfaat untuk para pemilik motor.
Tag : Mengganti, Motor, Tips
0 Komentar untuk "Cara Memasang Lampu HID Motor Tanpa Ganti Aki Dan Kiprok"

Back To Top