Tips and trik memperbaiki, mengganti, merawat motor dan mobil

Tips Irit Bahan Bakar Motor Matic

irit bbm

Dengan kenaikan harga BBM yang terus meningkat tiap tahunnya para pengguna kendaraan mulai kewalahan untuk membiayai bahan bakar kendaraanya, akibat dari naiknya BBM berdampak juga pada naiknya kebtuhan pokok sehingga memaksa kita untuk lebih bijak untuk pengluaran uang.

Apakah anda merasa motor matic anda bensinnya boros ? bukan rahasia lagi jika motor matic dikenal boros BBM. Tapi jangan khawatir, kami menyediakan tips-tips untuk Anda agar motor matic Anda lebih irit konsumsi BBM sehingga Anda dapat menyimpan uang lebih banyak. Berikut ini Tips Irit Bahan Bakar Motor Matic.

1. Stabilkan Kecepatan

Ketika sedang berkendara satu hal yang sangat penting adalah dengan menjaga kestabilan tarikan gas dan kecepatan saat bekendara. Ikutilah irama mesin jangan menarik tuas gas secara tiba-tiba karena akan hal tersebut dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar.

2. Gunakan Bahan Bakar Dengan Oktan Tinggi

Dengan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi seperti Pertamax maupun Shell Super. Bahan bakar beroktan tinggi semacam ini akan membuat proses pembakaran mesin lebih sempurna sehingga kinerja mesin semakin optimal. Selain irit penggunaan bahan bakar jenis ini juga memiliki efek positif pada motor Anda yaitu tidak menimbulkan banyak kerak pada mesin anda shingga kendaraan anda lebih awet dan tahan lama.

3. Membersihkan Karburator Secara Rutin

Karburator adalah suatu perangkat motor untuk mengatur suplai bahan bakar motor Anda ke ruang bakar. Karburator perlu Anda bersihkan secara rutin agar motor Anda irit bensin. Jika karburator motor Anda tersendat maka dapat dipastikan suplai bahan bakar motor Anda akan ikut tersendat. anda dapat melihat cara mebersihkan karburator disni : Cara Membersihkan Karburator

4. Mengganti Roller dengan yang Standar

Roller memiliki fungsi untuk memberi tekanan keluar pada variator agar dapat membuka dan memperbesar diameter belt drive agar motor dapat bergerak. Periksalah roller secara berkala dan lihatlah apa masih layak pakai sehingga tarikan motor anda lebih stabil, anda dapat melihat caranya disini : Cara Mengganti Roller Motor

5. Membersihkan Busi Secara Berkala

Agar sektor pengapian bekerja optimal, maka busi perlu dibersihkan secara berkala. Pembakaran akan menjadi lebih sempurna sebaba kualitas percikan busi tersebut meningkat.

6. Mengganti Oli Otomotif Secara Berkala

Penggantian oli otomotif secara reguler yaitu kurang dari 3.000 km akan membuat performance mesin motor halus dan bagus. Penggantian oli ini dilakukan agar dua komponen otomotif yang bergesekan tersebut tidak menimbulkan aus, sehingga dapat mengurangi kecepatan.

7. Mengganti Komponen Lainnya

Pengiritan bahan bakar dapat pula dilakukan dengan cara mengganti fanbelt dengan ukuran lain yang lebih keras dan tebal agar tarikan motor menjadi lebih responsif, mengganti koil agar percikan api pengapian menjadi lebih maksimal, mengganti CDI agar performance mesin otomotif meningkat, dan gunakan velg berbahan aluminium.

8. Periksa Tekanan Angin

Hal terakhir yang perlu anda perhatikan adalah mengontrol tekanan angin pada ban kedua roda kendaraan motor anda. Pastikan agar ban tidak kekurangan angin karena dapat membuat gerakan motor menjadi berat, yang secara otomatis membuat mesin bekerja ekstra mengonsumsi bahan bakar.
Tag : Motor, Tips
0 Komentar untuk "Tips Irit Bahan Bakar Motor Matic"

Back To Top