Tips and trik memperbaiki, mengganti, merawat motor dan mobil

Cara Mudah Mengganti Oli Motor Matic

Untuk menjaga peforma motor dalam keadaan yang stabil dan baik yaitu salah satunya adalah dengan cara mengganti olinya secara berkala. Akan tetapi jika kita sebelumnya belum pernah mengganti oli pasti ada sedikit kesulitan dan kita lebih sering pergi ke bengkel untuk meminta montir menggantikan olinya. Namun apabila anda tidak sempat ke bengkel atau anda mau mengurangi biaya pengeluaran anda dapat mengganti olinya sediri dan membeli oli tersebut di bengkel terdekat. Sebenarnya dalam mengganti oli prosesnya cukup mudah sekali anda cukup mengikuti langkah - langkah di bawah ini :

1. Siapkan Oli dan Penampung Oli Bekas 

Posisikan motor standar tengah lalu siapkan wadah untuk menampung oli bekas yang akan dikeluarkan dari tempat pembuangan.

2. Buka Katup Pembuangan

Buka baut pembuangan pakai ring 12 yang letaknya di bagian bawah kiri menghadap ke samping. Putar baut pembuangan ke kiri atau melawan arah jarum jam.


Biarkan oli keluar sampai habis, kalau perlu miringkan motor ke kiri agar oli keluar maksimal sampai habis nggak menetes lagi. Setelah oli nggak keluar, tutup kembali baut pembuangan tersebut.


3. Buka Tempat Pengisian

Buka tempat pengisian oli mesin pakai obeng min (-) yang berada di samping kanan dekat kipas mesin. Putar ke kiri atau berlawanan arah jarum jam.


4. Siapkan Corong

Siapkan corong untuk mengarahkan aliran oli ke dalam mesin karena kebetulan lubangnya yang sempit dan agak menjorok kebawah. 

5. Masukan Oli

Masukkan oli perlahan-lahan ke dalam mesin melalui corong tersebut. Selesai dan tutup kembali.
Tag : Mengganti, Motor
0 Komentar untuk "Cara Mudah Mengganti Oli Motor Matic"

Back To Top